Senin, 12 April 2010

FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM BERMAIN

Ketika anak  bermain beberapa hal perlu diperhatikan agar anak merasa aman dan nyaman.

1. Alat permainan
    Menurut Montessori, Piaget dan Frobel apa saja yang ada di dekat anak dapat digunakan sebagai alat       permainan.Montessori membebaskan penggunaannya namun Frobel dan Piaget lebih menekankan penggunaan alat permainan sesuai dengan fungsinya.
Perlu diperhatikan ketika alat bermain yang digunakan anak dari segi keselamatan, kesehatan dan kebermanfaatan.
a. Ada alat yang dapat membuat anak terluka, misalnya pisau.Yang dilakukan orang tua bukannya melarang  menggunakan pisau tetapi berikan pisau yang ketajamannya tidak akan melukai anak.
b. Ukuran alat permainan juga menentukan keselamatan anak bermain.Gunakan alat yang tidak terlalu besar, tidak terlalu berat sesuaikan dengan tingkat kemampuan anak.

2. Tempat bermain  
    Bermain dapat dilakukan di mana saja.Perlu kecermatan orang tua/guru ketika menentukan tempat bermain bagi anak.Pilihlah tempat bermain yang aman dan menyenangkan bagi anak.Sehingga resiko anak akan terbanting, terpeleset, terjatuh sangat kecil.Perhatian juga gangguan dari lingkungan sekitar, seperti kebisingan, keamanan lalu lintas, dll.
   Menurut Bergen dan Soemiarti bermain terdri dari: bermain bebas, bermain dengan bimbingan, dan bermain dengan diarahkan.Ada juga yang melihat anak bermain dari segi jumlah anak.Ada yang sendiri, berdua atau beramai-ramai.Bentuk-bentuk bermain tersebut dapat diterapkan dalam pendidikan anak, termasuk pendidikan anak usia dini sebagai kegiatan belajar.
   Sebelum anak bermain orang tua/guru mesti merencakan agar dapat membawa anak kedalam situasi yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak.Dengan kata lain bermain membantu anak membentuk kemampuan yang lebih terarah dan mendasar.


 Ditulis oleh HALIMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar