Selasa, 13 April 2010

PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pendekatan yang digunakan dalam pendidikan anak usia dini berikutnya adalah pendekatan High/Scope yang dikembangkan oleh David Weikart.High Scope mulai digunakan tahun 1962.Digunakan studi longitudinal sampai seseorang berusia 40 tahun.Studi ini menyebutkan bahwa anak memiliki hubungan sosial dan emosional yang baik.Program ini melibatkan anak sebagai pembelajar aktif yang memberikan kesempatan pada anak untuk memilih sendiri aktivitas bermainnya.

High/Scope memiliki komponen penting, yaitu:
a. Anak sebagai pembelajar aktif yang menggunakan sebagian besar waktunya di dalam learning center       yang   beragam.
b. Merencanakan-melakukan-mengulang (plan-do-rewind).Guru membantu anak untuk memilih apa yang akan mereka lakukan setiap hari, melaksanakan rencana mereka dan mengulang kembali yang telah mereka pelajari.
c. Pengalaman kunci (key experience). Pengalaman-pengalaman penting anak dipakai untuk pembelajaran.
d. Penggunaan catatan anekdot untuk mencatat kemajuan yang diperoleh anak.

Pendekatan High/Scope memiliki 5 unsur yang mendukung pembelajaran aktif anak, yaitu:
a.  Benda-benda yang dapat dieksplor anak.
b. Manipulasi benda-benda oleh anak.
c. Pilihan bagi anak tentang apa yang harus dilakukan anak.
d. Bahasa anak.
e. Dukungan dari oleh orang dewasa

Ditulis oleh:  HALIMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar