Minggu, 11 April 2010

PENDEKATAN DALAM PAUD

Beberapa pendekatan yang digunakan dalam pendekatan anak usia dini, antara lain:
  1. Pendekatan Montessori.                                                                                                                 Tujuan pendidikan Montessori adalah mengoptimalkan seluruh kemampuan anak melalui stimulasi yang dipersiapkan. Guru perlu membuat perencanaan secara rinci danmempersiapkan lingkungan pembelajaran yang tenang dan teratur agar anak merasa nyaman untuk belajar.Kelas yang terdiri dari bermacam usia membuat anak dapat belajar dari kawan yang usianya lebih tua di samping dari gurunya sendiri.Walau pun anak belajar secara individual, tetapi ia tetap dilatih agar bisa mandiri.Lingkungan dipersiapkan dengan materi yang telah terstruktur, misalnya:                                                                   a. Materi sensorial                                                                                                                                   Anak berlatih untuk memperluas dan memperhalus persepsi sensorinya.Materi yang digunakan adalah alat-alat yang mengandung konsep tentang ukuran, bentuk, warna, suara, tekstur, bau, berat ringan, dll.                                                                                                                                              b.Materi konseptual                                                                                                                                Materi ini menggunakan bahan-bahan konkret untuk melatih anak membaca, menulis, matematika dan pengetahuan sosial.                                                                                                                        c. Materi kehidupan praktis                                                                                                         Materi pembelajaran yang diberikan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: menyapu lantai, mencuci piring, menyiram tanaman, mengancingkan baju, dll.                                        Pendekatan Montessori menggunakan bahan-bahan yang dapat dimainkan anak, namun di dalam pendekatan ini tidak memberikan anak di bawah 6 tahun untuk berfantasi.Padahal jika anak bermain, maka salah satu unsur bermain adalah berfantasi (berpura-pura).Dengan demikian di dalam pendekatan ini anak tidak dapat bermain secara bebas, tetapi sangat terstruktur sehingga imajinasinya tidak berkembangang.Pengaruh guru untuk memberikan mainan yang sudah terpola dan berurutan secara ketat membatasi kreatifitas anak dalam mengeksplorasi mainannya.Dengan anak belajar secara  mandiri, maka kesempatan anak untuk berinteraksi dengan teman sangat terbatas.                                       (BERSAMBUNG)                                                                                                                             
  2. High/Scope
  3. Beyond Centre and Circle Time (BCCT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar