Sabtu, 10 April 2010

PENDEKATAN MENU PEMBELAJARAN PAUD

Pelaksanaan pembelajaran di PAUD menggunakan pendekatan-pendekatan tertentu agar proses pembelajaran berjalan menyenangkan  bagi yang sedang mengikuti pembelajaran.Pendekatan pembelajaran menggunakan acuan yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu Acuan Menu Pembelajaran Generik.
Pendekatan-pendekatan yang digunakan berdasarkan:
1. Pembelajaran berorientasi pada kebutuhan anak.Juga berpusat pada anak.Sehingga dalam proses pembelajaran kebutuhan anak menjadi sesuatu yang amat penting untuk dilaksanakan.
    
2. Belajar melalui bermain.
    Karakteristik anak usia dini adalah mereka suka bermain.Termasuk dalam proses pembelajaran pun         muatan bermain dipadukan dengan muatan pembelajaran.Dengan bermain anak lebih senang untuk belajar.

3. Kreatif dan inovatif.
    Proses kreatif dan inovatif dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menarik dan membangkitkan: rasa ingin tahu, motivasi untuk berpikir kritis anak dan menemukan hal-hal yang baru.
4. Lingkungan yang kondusif.  
    Lingkungan belajar harus diciptakan sedemikian  menarik dan menyenangkan bagi anak.

5. Menggunakan pembelajaran terpadu.
    Model pembelajaran terpadu adalah adalah model pembelajaran yang berdasarkan tema yang menarik bagi anak
.
6. Mengembangkan keterampilan hidup.
    Melalui pembiasaan-pembiasaan agar anak mampu mandiri, disiplin, bersosialisasi, dan bekal yang berguna untuk kelangsungan hidupnya.
7. Menggunakan berbagai media dan sumber belajar.
    Pembelajaran akan sangat menyenangkan dan bermakna bagi anak apabila menggunakan media dan sumber belajar yang tepat.Media dan sumber belajar dapat berasal dari lingkungan alam sekitar atau dari bahan-bahan yang sudah disiapkan.
8. Berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak.
    Pelaksanaan pembelajaran harus didasarkan kepada aspek-aspek:
    a. Pengembangan Nilai Moal dan Nilai Agama
    b. Pengembangan Fisik
    c. Pengembangan Bahasa
    d. Pengembangan Kognitif
    e. Pengembangan Sosial Emosional
    f. Pengembangan Seni
                                                                                         





Tidak ada komentar:

Posting Komentar